Edisi Kangen Jogja

Jogja, sebuah kota damai yang aku datangi pada tahun 2006, tahun dimana terjadi gempa. Ketika itu, kebanyakan mahasiswa yang dari luar Jogja pada pulang kampung untuk menghindari gempa ini. Dan aku yang baru mau mulai kuliah pada waktu itu, juga sempat deg-degan. Daftar online di 2 kampus menjelang akhir2 penutupan pendaftaran, dan datang ke Jogja pada H-1 sebelum tes masuk dimana kondisi Jogja sudah termasuk aman, tapi after effect nya masih berasa.

Tidak terasa, aku berada di Jogja hampir 4 tahun, meninggalkan Jogja pada tahun 2010 dan beradu nasib di ibu kota yang kejam ini *halah*.

Banyak hal yang saya kangenin dari jogja yang tidak saya temui di kampung halaman saya maupun di Jakarta, ini beberapa diantaranya

  1. Makanan

Dulu kalo pulang kuliah makan di sekitar kampus, 3ribu sudah dapat nasi + sayur + tempe/tahu, 5ribu sudah dapat nasi+sayur+telor, 7ribu dapat nasi+ayam. Dimana bisa dapat makanan semurah ini kakak hahaha.

Tapi terakhir ke Jogja kayaknya uda naik dikit harganya, tapi tetap aja masih murah hihihi

  1. Parkir

Dulu kalo parkir motor di Jogja, harganya Cuma 500 perak loh, di pinggir jalan tapi bukan di mall. Dan di jogja helm-helm tidak pernah digembok, hebatnya juga aman tuh helm padahal ada yang helm mahal2 tuh 😛

  1. Tela-tela dan Jamur Krispi

Kangen dengan tela-tela, makanan yang terbuat dari singkong yang dipotong panjang dan digoreng seperti French fries. Kalo jamur krispi itu terbuat dari jamur yang digoreng pake tepung yang krispi. Keduanya ini bisa dimakan dengan banyak bumbu yang bisa kita pilih :9

  1. ATM 20ribu

Kayaknya ATM 20ribu ini cuma ada di Jogja deh, pas banget deh buat mahasiswa yang lagi butuh uang, tapi belum dapat kiriman uang 😛

  1. Ramah tamah

Orang Jogja itu kebanyakan ramah. Waktu itu pernah nanya jalan sama bapak yang tampangnya sangar, eh ternyata pas ngomong ramah banget. Dan kalo di Jogja, mau suku dan ras apapun, pasti dipanggil Mas/Mbak 😀 *No SARA loh*

  1. Plat Nomor kendaraan

Karena merupakan kota pelajar, di Jogja bisa nemu semua plat nomor dari A sampai Z, kadang kalo liat, saking penasaran jadi googling dulu itu plat nomor daerah mana 😛

  1. Nasi Kucing dan Burjo

Anak kos di Jogja pasti pernah makan di tenda nasi kucing (nasi yang porsinya kecil) dan warung burjo (bubur kacang ijo) yang juga ada jual indomie, nasi telor, nasi sarden. Kedua tempat ini merupakan pertolongan pertama pada saat laper dan bokek hihi

 

Segitu dulu deh yang diinget, mungkin ada yang mau menambahkan? 😛

Harapannya semoga Jogja tetap jadi kota yang damai di hati, jangan banyak-banyak mall nya 😀

Advertisements

18 thoughts on “Edisi Kangen Jogja

  1. joeyz14

    I always love jogja
    Eh bener tuh yg ttg plat kendaraan A-Z lengkap
    Temenku ada loh sengaja lama2in kuliahnya ampe 10 thn krna betah dijogja 🙂

    Reply
    1. suriyatifang Post author

      Sama donk kita Ka Jo *toss*
      Wah kalo 10 tahun mah lama banget tuh Ka hihi 😛
      Kalo temenku ada yang habis kuliah masih kerja disana karena masih betah 😀

      Reply
  2. Bibi Titi Teliti

    Aku baru aja dari Jogja lho beberapa bulan yang lalu…baru sekali itu ke Jogja 🙂

    Dan sempet kaget karena jawa nya pada medok dan beledag beledug…aku yang biasa denger basa Sunda jadi berass roaming..hehehe…

    Cuma ternyata disono susah angkot yah, banyakan becak dan taksi…

    Etapi atm 20 rb dulu di bandung juga ada kok:)
    Teringat cerita suram jaman baru nikah yg saldo nya selalu hanya bisa diambil dgn atm 20 ribuan doang…bhuahaha…

    Reply
    1. suriyatifang Post author

      Wih yang baru habis dari Jogja, seru kan mbak Erry disana?

      Iya medok banget, awal2 kesana jg kaget, jadi walaupun disana org nya ngomong bhs indo tetap kecampur bhs jawa juga 😀

      Kalo angkot emang jarang sih mbak, ada nya transJogja.
      Mungkin biar ga terlalu polusi ma berhenti mendadak kayak angkot di jakarta kali ya 😛

      Oh di bandung ada juga ya? Sekarang masih ada mbak?
      Yang penting kan sekarang uda ga suram mbak 🙂

      Reply
    1. suriyatifang Post author

      Betul ko, pecahan 20ribu.
      Belum pernah nemuin sih di Jakarta atau di tempat lain.
      Tapi kata mbak Erry, di bandung juga ada yg 20ribu 😀

      Reply
  3. Epi

    Ah iya sekarang uda ga ada ya ATM 20rb di jakarta. Dulu jaman kuliah di kampus jg ada ATM 20rb, penyelamat anak kos banget deh kalo saldo uda sisa 30rb masih bisa ditarik buat 2-3x mkn 😀

    Reply
  4. Rere

    waaah aku selalu kangen sama jogja, dulu kalau ke jogja bisa sampe sebulanan krn ada sahabatku yg tinggal dan kuliah disana.. yang plat nomer a-z itu bener banget hahaha terus makanan murah dan orang2nya ramah semua 😀

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s