K(ole)sterol oh k(ole)sterol

Sebulan yang lalu, ada promo di d*sd*s untuk cek darah di CITO. Karena liat harganya murah, trus akhirnya iseng2 beli deh medical check up nya yaitu pemeriksaan tekanan darah, kolesterol, asam urat, dan gula darah.

2 minggu lalu, karena voucher nya tinggal seminggu uda mau expired, jadinya kita check lah kesana. Sampai sana jam 10 lewat, isi formulir dulu, sambil ditanyain “Terakhir makan jam berapa?”. Terus kita jawab, “kemarin jam 7 malam”. Terus mbak nya bilang, uda lewat dari 12 jam puasanya, jadi nanti hasil bisa lebih rendah dari biasanya. Karena takut sabtu depan ga bisa, akhirnya tetap dipake juga hari itu.

Ga lama, kita dipanggil masuk ke ruangan buat ambil darah. Nanti hasilnya bisa diambil jam 4 sore. Habis itu, kita disuruh masuk ke ruang dokter nya buat konsultasi. Masuk ke ruangan, cuma dicek tekanan darah aja, kita ga nanya2 lagi 😀

Selesai itu, kita langsung pergi makan dulu karena uda keburu laper, uda sengaja ga makan dari pagi, eh malah kelebihan puasanya haha

Nah, sorenya sekitar jam 5 gitu, kita kesana lagi ambil hasilnya yang ada 2 halaman. Pas halaman pertama uda seneng tuh, semua nya masih dalam batas normal. Eh begitu balik halaman kedua, kolesterolnya ternyata lebih dari batas normal. Lebih nya cuma dikit sih, tapi yg namanya lebih kan pasti ga baik :(. Kalo choo, malah kolesterol ma asam uratnya tinggi, mungkin karena makan kambing kali 😦

Agak shock sih baca itu, perasaan makan uda dijaga tapi koq kolesterol nya tinggi. Habis itu, bertekad deh ga banyak makan yang digoreng, yang bersantan dan mau mulai makan oatmeal karena kata cici bisa nurunin kolesterol. Oatmeal Epi yang ini menarik nih, mungkin nanti bisa dicoba bikin 😛

Ada yang pernah mengalami kolesterol tinggi juga? Share donk tips nya 🙂

Advertisements

32 thoughts on “K(ole)sterol oh k(ole)sterol

  1. rochan

    gapapa sur, yang penting udah ketauan kalo kolesterol berlebih. Jadi bs mulai pilih2 makanan demi kesehatan dari sekarang. iya, katanya oatmeal bs nurunin kolesterol. tapi kalo dimakan gitu aja kaga enak. wkwkwk. mesti dicampur sm susu coklat / susu kental manis ya. 🙂

    Reply
    1. suriyatifang Post author

      Iya Chyn, mending uda ketauan dari sekarang, jadi mulai dijaga makanannya 🙂
      Ga enak banget Chyn oatmeal kalo cuma kasih air doang, jadi biasa dikasi susu sih, tapi juga ga banyak2, yang penting ada rasa aja 😀

      Reply
  2. Clarissa Mey

    kalo asam urat kebanyakan makan emping kali sur, katanya emping ga bagus buat asam urat.. kambing iya ga bagus buat kolsterol, minyak2 juga harus dikurangin 😀
    aku ga pernah cek begitu2an soalnya takut haruz byk pantangan makan hihi 😛
    semoga pola makannya bisa lebih ramah kolesterol yaa 🙂

    Reply
    1. suriyatifang Post author

      Iya Mey, emping ma kambing bikin asam urat.
      Tapi kalo kambing aku ga suka sih haha.
      Thank you ya Mey, mau mulai banyak masak aja dan mengurangi makan di luar, jadi lebih kekontrol makanannya 😀

      Reply
  3. Evita Wijaya

    paling gampang ngurangi makanan yang daging2 sur.. kecuali ayam dan ikan masih dalam batas toleransi. kalo sapi dan kambing yang agak tinggi. sebenernya emang bagus kalo di cek kaya gini.. kita jadi tau batasan tubuh kita. gua juga sering kok cek darah lengkap tiap tahun.. 😀

    Reply
    1. suriyatifang Post author

      Iya Pi, skrg uda jarang makan daging sih, apalagi kambing ma sapi.
      Banyakan makan sayur2an 😀
      Wih cek tiap tahun juga ya Pi?
      Betul Pi, jadi tau ya batasnya, kayaknya harus mulai rutin ni cek nya 😛

      Reply
  4. zilko

    Makanan memang harus dijaga ya, hehehe. Selain itu juga harus beraktivitas/olahraga deh supaya seimbang juga, hehehe 🙂 .

    Reply
  5. Epi

    kalo asam urat mungkin krn banyak makan kacang2an sur. Kolesterol jg bisa turun kl rajin olahraga sih…semoga kolesterol nya segera turun ya 😀 jadi uda nyoba oatmeal nya blm? hihihi

    Reply
    1. suriyatifang Post author

      Belom Pi, belom sempet beli bahan2nya di supermarket kayak yogurt dll, adanya oatmeal doang hihi
      Nah olahraga yang belum nih, semoga bisa rajin deh 😀

      Reply
  6. Bibi Titi Teliti

    Duuuuh…
    aku malahan belum pernah nge cek gituan lho Suuur…
    Gimana iniih..secara aku suka segala dimakan gituuh….hihihi…

    Untung ketahuan sejak dini yaah, jadi bisa dijaga dari sekarang 🙂

    Reply
    1. suriyatifang Post author

      Iya mba Erry, mending uda tau dari sekarang, baru lewat dikit dari batas, masih bisa dijaga.
      Ayo mba Erry cek juga, biar tau kondisi nya mba 🙂

      Reply
  7. Angel

    katanya kalau di kop bisa nurunin kolesterol juga, ngga tau bener apa ngga nya 😀
    Ada bagusnya juga Sur ketauan sekarang jadi bisa di kontrol makanannya ya 🙂
    Aku blum pernah cek ini itu nih, pengen sih, tpi mau cek tokso dkk buat pra kehamilan aja belum nemu waktu nih hahaha 😀

    Reply
    1. suriyatifang Post author

      Di kop itu diapain Ngel?
      Iya Ngel, jadi mulai sekarang uda jaga makanannya.
      Ayo cek Ngel, disempet2in Ngel, biar tau juga kondisi tubuh nya seperti apa 🙂

      Reply
      1. Angel

        dikop = dibekam. aku jg belum pernah sih, jadi ga terlalu tau juga caranya gimana. Intinya dia ngeluarin darah kotor dari tubuh.Coba google deh :))

  8. Pypy

    Gue juga bbrp kali lebih dikit.. Diatur lagi pola makannya Sur, gw kmren sih lgsg banyakan makan oatmeal gitu.. 😀 Moga secepatnya normal yah.

    Reply
  9. Maya

    Aku aku aku kolesterolnya stuck di angka 250 keatas…errr iya tinggi banget yak. Dari awalnya kuatir sampe sekarang cuek cuek aja. Pernah di kasih obat penurun kolesterol sama dokter tapi ga terlalu ngefek karena begitu gak makan obat ya tinggi lagi.
    Kalo kolesterol sebenernya gampang cuma 4 cara buat bikin turun atau stabil, olahraga, jaga makan, cukup istirahat mbak, sama jangan stress. Makan oatmeal tapi kalo tidur sehari cuma 4 jam, kolesterol bakal tetep tinggi. Makanan cuma menyumbang 30% dari naiknya kolesterol kita 🙂
    Trus dilihat juga, kalo kolesterol total nya tinggi berapa HDL (kolesterol baik) nya berapa LDL (kolesterol jahat) nya. Kalo LDL nya tinggi tapi HDL nya tinggi juga (berimbang) itu kata dokter masih aman sebenernya. Hehehe tapi emang amanya kalo udah angka kolesterol berbintang di kertas pemeriksaan sih hindarin makan yang jorok kayak jeroan, lemak, sama santan :D. Hihihi udah kayak dokter aja yak aku, abis udah 4 tahun belakangan ini kolesterol pasti diatas 200.

    Reply
    1. suriyatifang Post author

      Oh ternyata begitu ya mba Maya.
      Aku sih kalo tidur cukup mba, cuma yang agak jarang olahraga 😀
      Aku kemarin hasilnya 205 kolesterol nya, disitu ada tulisan, normal nya itu di bawah 200.
      Makasih ya mba buat tips nya, semoga bisa cepet turun juga ya kolesterol mba Maya hehe

      Reply
      1. Maya

        Kolesterol jahat keluarnya lewat keringet mbak. Hehehe 200 masih batas tinggi kok, ibaratnya udah lampu kuning. Semangat atur makan yaaa 🙂

      2. suriyatifang Post author

        Oalah gitu ya mba.
        Ok deh, harus jaga makan ma sering olahraga nih.
        Makasih mba buat tips nya ya 🙂
        Semoga mba Maya juga cepat turun ya hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s