Wisata Jakarta – Hutan Kota Srengseng

Libur lebaran ini sebenarnya awalnya mau ke kepulauan seribu, tapi nyarinya baru pas 2 minggu sebelumnya. Mau ikut open trip, eh ternyata jadwal nya tgl 2-3 agustus, akhirnya ga jadi karena kata choo tar tanggal 4 uda masuk, takutnya kecapekan. Ya uda akhirnya kita ga ke pulau, ga keluar kota juga, cuma habisin liburan di Jakarta tercinta yang ga macet ini yeaay.

Hari senin minggu lalu, aku ngajak choo ke hutan srengseng karena baca review hutannya bagus dan tiket masuk nya murah *dasarpelit*. Kira2 jam 4 sore kita ke sana, bermodalkan google maps menuju kesana. Ternyata pas deket situ ada plang penunjuknya juga hahaha. Pas uda sampe jalan yang dimaksud sama google maps, nyari lagi pintu masuknya. Dari luar ga keliatan kayak pintu masuk loh, Cuma agak di dalamnya itu ada plang tulisan β€œHutan Kota Srengseng”, jadi nya kita masuk dari situ. Eh ternyata bener itu tempatnya πŸ˜€

niatnya mau foto loncat, eh gagal hahaha

niatnya mau foto loncat, eh gagal hahaha

Pas masuk, wah keliatan bagus ada tanaman-tanaman dan pohon-pohonnya. Di situ juga ada kayak arena bermain, ada ayunan, jungkat jungkit *ini bener ga nulisnya*, ma seluncuran. Bagus sih, sayangnya uda agak karatan dan banyak pasir (karena di bawahnya pasir), walaupun warnanya masih ada.

untung ayunannya kuat :P

untung ayunannya kuat πŸ˜›

Jalan ke agak dalam lagi, ternyata ada jalan setapak. Nah jalan setapak ini mengelilingi sebuah danau, yang di tengah danau terdapat pulau. Danau nya bagus, tapi sayangnya warna airnya keruh banget. Kita ngitarin jalan setapaknya, dan kembali ke jalan yang benar sebelumnya. Pas ngikutin jalan setapak, ada nemu kayak tempat duduk melingkar yang bisa dipake buat duduk-duduk.

jalan setapak yang panjang

jalan setapak yang panjang

danau yg keruh

danau yg keruh

Overall, hutan kota ini bagus tapi sayangnya kurang terawat, jadi kebanyakan yang kesini adalah warga yang tinggal di daerah sekitar. Biaya masuk cuma 1.000 per orang, motor 1.000, parkir 2.000, jadi total nya cuma 5.000. Mungkin karena tarif masuk yang kecil jadi ga cukup biaya buat pemeliharaan.

wogh ada raksasa >.<

wogh ada raksasa >.<

Semoga nanti ke depan nya semakin banyak pengunjung, jadinya bisa lebih diperbaiki lagi tempat-tempat yang kurang terawat. Dan orang-orang juga bakal rela bayar lebih mahal kalo tempatnya bagus, bersih, dan terawat. Kan sayang banget tempat wisata alam ini terbengkalai dan dilupakan, tidak melulu harus ke mall loh >.<

Mari kita cintai Indonesia dan tempat wisatanya πŸ˜€

 

Hutan Kota Srengseng
Jalan Haji Kelik
Kelurahan Srengseng, Kembangan
Jakarta Barat 11830

Advertisements

35 thoughts on “Wisata Jakarta – Hutan Kota Srengseng

    1. suriyatifang Post author

      Di deket kelapa dua, kebon jeruk Ngel.
      Deket ni ma kantor hehehe
      Waktu itu sepi sih, cuma beberapa orang aja.
      Soalnya tempatnya agak tersembunyi, ga keliatan juga pintu masuk dan mungkin banyak yang ga tau juga haha

      Reply
  1. Maya

    Ya ampun baru tau loh ada itu deket kebon jeruk. Bagus ya, sayang emang keliatannya kurang terawat. sebenernya banyak kok yang bagus bagus di jakarta cuma ya itu kurang terawat, ngenes jadinya. hmmm logikanya sih dengan biaya masuk cuma 1000 itu bisa maintenance apa coba? beli permen aja cuma dapet 2 biji πŸ˜€

    Reply
      1. Maya

        Semua juga baus kalo di rawat sih, cuma orang kita suka malu malu soal biaya. Coba deh ke Museum Gajah yang di Monas sampe sekarang uang masuk nya cuma 3500 mana bisa buat bayar CCTV canggih. Pantesan kemaren kemalingan. sayang banget ya

      2. suriyatifang Post author

        Wah 3500 buat bayar CCTV canggih? dapat yang bekas kali tuh mba makanya kemalingan @.@
        Emang harusnya ga usah malu2 ya soal biaya, mungkin dana pemerintah juga ada yang dikorupsi >.<

      3. Maya

        Hahaha soal di korupsi sih pasti yah. 3500 itu mah gak bisa kebeli CCTV bahkan yang bekas sekalipun. Katanya malah di museum gajah tuh gak dipakein CCTV, makanya malingnya bisa melenggang

      4. suriyatifang Post author

        Harusnya tuh kalo jenis2 museum gitu dibuat lebih mahal aja ya tiket masuknya, toh orang juga tetap mau.
        Biar ga kemalingan juga, kan jadi rugi kalo kayak gitu >.<

      5. gegekrisopras

        Kak Maya: HAH apaan yang dimalingin? Baru tau gua >,<

        Saran gua sih dinaikin aja lah tu tiket masuk tempat2 wisata misalnya Rp10.000,-/org tp dikasih pengumuman juga buat bayar maintenance apa aja (listrik, air, bayar pegawai, cctv, dll) buat orang yang ngerti pasti rela bayar mahal..

        Bule-bule pasti kaget dah masa USD1 bisa buat tiket masuk 2-3 org πŸ˜†

      6. suriyatifang Post author

        Sebaiknya sih emang gitu Grace dinaikin harga buat bayar maintenance πŸ˜€
        Iya ya, pasti bule kaget tuh kalo denger harga tiket masuknya murah πŸ˜›

  2. Evita Wijaya

    hehehe.. sama kaya angel. aku juga gak tau loh malah srengseng dimana. hehehe. πŸ˜€
    Murah banget yah. tapi gak sebanding dengan ongkos pemeliharaannya, gak heran agak kurang ter-urus.. πŸ˜€ semoga kedepannya pak ahok bisa memajukan tempat ini yaahh *barangkali bisa*

    Reply
    1. suriyatifang Post author

      Di Jakarta barat Pi, deket ma kebon jeruk πŸ˜€
      Iya karena biaya masuk kecil jadinya ga terurus haha
      Amin Pi, semoga Pak Ahok bisa lebih menjaga wisata alam jakarta ya πŸ˜€

      Reply
  3. leonyhalim

    Yg bagus itu bukannya yg di muara angke yg masuknya dari PIK ya? Suka banyak orang prewed sama anak2 study tour ke sana hehe. Perlu dibanyakin nih hutan kotanya biar Jakarta tambah hijau.

    Reply
    1. suriyatifang Post author

      Pernah baca juga ci yang di muara angke, keliatannya sih lebih bagus dari pada yang srengseng ini.
      Setuju ci, semoga nanti Pak Presiden dan Pak Gubernur bisa rawat hutan kota dan nambah yang baru lagi.

      Reply
  4. chyntia

    baru denger ttg tempat ini dr blog nya u loh sur. hehehe. dari dl ga pernah denger ttg tempat wisata ini *tau nya cm mall doang. hadeeh*.

    Reply
    1. suriyatifang Post author

      Berarti harus sering browsing tentang wisata alam Chyn, ini juga tau karena browsing πŸ˜›
      Kata ci Leony ada tuh di PIK, cobain aja Chyn kan deket hehe

      Reply
  5. nola

    Haii, makasih udh mampir ke blog ku ya..
    Aku baru tau ini tepat ini..
    Sama dgn komen yg lain, coba lebih dirawat tempatnya psti lebih banyak yg kunjungin..

    Reply
  6. Renie Lie

    Wah ternyata bagus juga yah disini,bisa buat prewed juga. Harga tiketnya juga murah banget yah sur. Tp emang sih rata2 taman wisata di Indonesia jarang dirawat,cuma mau pendapatannya aja tp ga dijaga. Padahal sayang bgt yah kan bisa dikembangin lagi jd lebih bagus biar org ga pada main ke mall mulu *kaya gw*

    Reply
    1. suriyatifang Post author

      Bagus Ren, tapi bagusan hutan yang di PIK deh kalo mau foto prewed.
      Disini sekedar melihat alam oke lah hehehe
      Bener, karena kurang dikembangin ini makanya orang lebih milih ke mall yang keliatannya lebih bagus dan bersih πŸ˜€

      Reply
  7. Marlin Nago

    Sampai Hutan Kota Srengseng juga ya Sur.. Good.
    Itu gak terlalu jauh dari rumahku, hehehehe.
    Percaya gak kalau Hutan kota itu dulunya adalah tempat pembuangan akhir (sampah) kaya di bantar gebang ituu.. tapi disulap jadi Hutan kota. Walaupun kondisinya kurang terawat, tapi salut deh sama walikota setempatnya yang bisa mewujudkan hutan kota tersebut.
    Waktu hari pohon sedunia, aku sempet ikutan acara menanam seribu pohon di Hutan srengseng itu. Seruuu dehh Sur… Jadi pengen main ke situ lagi.. πŸ™‚

    Reply
    1. suriyatifang Post author

      Oh dulunya tempat pembuangan ya, tapi sekarang bisa jadi hutan, salut ya sama walikotanya πŸ˜€
      Wah seru ya bisa ikutan nanam pohon, jadi bisa lebih menghargai ya Mar hehe
      Ayo main lagi kesana Mar, kan ga terlalu jauh dari rumah πŸ˜€

      Reply
  8. Pingback: Wisata Jakarta – Kebon Binatang Ragunan | ice cream with chocolate

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s