Makananmu = Kesehatanmu

Kamis minggu lalu, karena masih ada sosis dan keju di kulkas, jadinya beli roti buat bikin roti gulung sosis keju yang pernah di share sama Ko Arman. Gulung rotinya lumayan susah, tapi akhirnya berhasil juga sih horeee. Ternyata enak loh hasilnya, apalagi kalo dicocol pake saos sambel *emang orang Indonesia*. Nah, sarapan pagi itu bikinnya buat aku, cc, sama choo.

Malamnya pulang kerja, terjadi percakapan dengan cc :

Cc : “Untung loh tadi pagi kamu bikini roti goreng, kalo ga aku pasti beli mie ayam.”

Aku : “Loh emang kenapa kalo beli mie ayam?”

Cc : “Soalnya temanku tadi pagi beli mie ayam, ternyata di dalam ada mayat cicak dan parahnya lagi itu uda kepotong-potong. Berarti bukan karena cicaknya jatuh ke dalam mie ayam kan.”

Habis denger cc cerita itu langsung shock, gila masa di dalam mie ayam ada potongan mayat cicak. Kami sampai berasumsi jangan-jangan penjualnya tau, trus sengaja dipotong dan dimasukin ke mie ayam. Tapi bisa jadi juga itu cicaknya jatuh ke dalam tumpukan daging ayam dan dia tidak sadar kemudian dipotong. Tapi yang jelas cc ga mau beli di sana lagi, walaupun selama ini yang beli di sana selalu rame.

Kejadian ini jadi membuatku inget tentang kejadian yang uda agak lama aku dan choo alamin. Di suatu pagi seperti biasa, kita mau beli sarapan. Karena yang deket kosan cuma ada nasi uduk, akhirnya jadinya beli nasi uduk 2 bungkus ditambah tempe goreng masing-masing 1 biji. Pas sampe kantor, dibuka kertas nasi dan mulai lah makan kita. Trus tiba2 choo nemuin buletan hitam harta karun yang kita berdua tidak tau itu apa.

Pertama kirain itu batu, tapi koq batu gede banget. Iseng-iseng diubek, eh bisa hancur ternyata. Pas dicium pake hidung ternyata baunya itu adalah bau kotoran tikus. Kalo kotoran tikus ada di beras, pasti hancur donk kalo dimasak. Berarti ini kotoran tikusnya masuk ke dalam nasi pas nasinya uda mateng. Langsung deh kita ga makan sisanya, maunya sih keluarin juga apa yang uda dimakan *hoeeek*. Kan ga mau kalo habis makan jadi sakit perut >.<

Sejak kejadian itu, ga pernah lagi deh beli nasi uduk di tempat itu. Dan tiap kali kalo beli makanan di pinggir jalan kayak nasi gitu pas makan sambil was-was, sambil liatin di dalam nasi ada yang aneh-aneh ga, ampun dah, makan jadi ga tenang. Sekarang sih sebisa mungkin hindarin buat beli makanan di pinggir jalan, apalagi kalo tempat jualan nya cuma gerobak, bisa aja ada kotoran tikus atau potongan cicak >.<

Sampai saat ini, masih menjadi misteri, apa penjualnya tau ada benda yang aneh-aneh di dalam makanan yang dia jual? Ga mungkin kan kita tanya ke orangnya 😛

So, perhatikan apa yang akan kamu beli dan apa yang akan kamu makan, supaya tidak membahayakan kesehatan 🙂

Advertisements

32 thoughts on “Makananmu = Kesehatanmu

  1. Clarissa Mey

    Huaa serem amat sur.. Aku blm pernah untungnya ngalamin aneh2 kl beli mknan.. Pdhl ak doyan jg tuh mie ayam atw nasi uduk pinggir jalan, kdg rasanya lebih enak drpd yg mahal2 di resto soalnya

    Reply
  2. Evita

    Huhuhuhuhu.. sereeeemm… mau complain juga gak bisa yah. aku sih belum pernah nemuin makanan gitu. *duh jangan sampe deh*, tapi kalo ngeliat sambel ada lalatnya sih pernah. dan langsung bilang mbaknya minta tuker sambel. Pasti sih cuma diambil doank laletnya. selebihnya gak bkalan mau balik lagi.

    Reply
    1. suriyatifang Post author

      Iya mau complain juga ga bisa T.T
      Kalo lalat sih uda biasa, tapi habis itu sakit perut juga kalo makan makanan yang dilaletin >.<
      Semoga ga nemuin yang kejadian kayak gitu ya Pi

      Reply
  3. Angel

    ya ampun. bacanya aja udah geliii. amit2 deh yaaa kaya gitu
    emang bener sih, kalau makan di pinggir jalan harus diperhatiin. kalau aku liat ornagnya jorok aku ga mau beli situ lagi, misalnya kaya duitnya ditaruh di tempat dia iris2 bumbu, atau kain lap bekas lap tangan/duit dia buat lap piring.

    Reply
  4. rochan

    Ya ampun, kok bs2 nya ya begitu di makanan nya? Emang mesti lebih waspada kl beli makanan di pinggir jalan ya.
    dl gw pernah beli lontong sayur di pinggir jalan. Tau2 di kuahnya ada belatung, padahal udah dimakan lontong nya. Abis itu ga pernah mau beli disana lg. Jajan2 yg di pinggiran jg diminimalisasi banget. Hehehe.

    Reply
  5. adiphi

    Aaaaaak ngeri bangett!! Cicak pulaa :O kl dpt yg gt mh sy trauma pasti slny plg geli sm cicak.. Liat cicak dtembok aja merinding ini lg ddlm makanan… O___O

    Reply
  6. Maya

    aaaaak serem amat sih. Iya sih mbak, jajanan di luar sekarang gak aman. Amannya masak sendiri di rumah. Pernah makan di warteg ada lalat ijo di sayurnya. Kontrol nya kurang ya baik dari pemiliknya atau dari pemerintah. Harusnya yang jual makanan di luar itu ada lisensi nya, tapi susah deh di sini mah mungkin kebanyakan tukang jualan

    Reply
    1. suriyatifang Post author

      Kalo ada lalat ijo, berarti emang makanannya ga ditutup ya jadi dikerubungin lalat trus mati di dalam sayur kali ya.
      Lebih baik sih emang makan masakan sendiri mba, lebih aman hehe
      Iya bagusnya sih emang ada lisensi mba, tapi kalo kayak warung kecil gitu atau yang pinggir jalan, mungkin berat buat mereka bayarnya kali 😦

      Reply
      1. Maya

        Iya, kayaknya sih gitu mbak atau pas masak gak bersuh tempatnya sampe ada lalat ijo nya.
        Betul masak sendiri lebih terjamin ya bersih nya lebih murah juga. Cuma mesti lebih rajin aja 😀
        Hmm lesensi nya sih harusnya gratis ya mbak, jadi bener bener di inspeksi kebersihannya. Kalo bayar mah lebih kayak nyogok jadinya. Tapi susah lah kalo begitu, yang ada malah jadi lahan baru buat korupsi jadinya *serba salah* 😆

      2. suriyatifang Post author

        Bener mba, harus rajin ya kalo mau masak sendiri, apalagi kalo pagi2 kan godaan tidur lebih besar 😛
        Kalo di Indo yg berhub dengan pemerintah kayaknya jarang gratis deh, kalo ga aparatnya yg minta duit, jadinya ujung2nya malah jadi lahan korupsi 😀

      3. Maya

        Hahahah beneer, paling kalo aku masak dari malem mbak, paginya tinggal di angetin, atau udah di siapin dulu pagi tinggal di masak. Cuma ya itu suka jadi buru2, trus kalah sama godaan bantal 😆
        tull, aku juga pikir begitu. Haduh disini mah apa aja bisa di korup deh 😦

      4. suriyatifang Post author

        Sama ternyata, aku biasa juga masak dulu malamnya, bsk tinggal angetin.
        Kalo yang harus dimasak besok, paling bahannya dipotong2 dulu malamnya.
        Tapi kadang juga sering kalah sama godaan bantal, jadinya kesiangan ga masak 😀

  7. Bibi Titi Teliti

    Whoaaaaa…syereeeeeem…
    Ngeri banget yah Sur 😦
    Kalo nonton kayak berita investigasi gitu juga aku suka rada parno lho 😦

    Biasanya sih kalo beli nasi uduk gituh…yang jualannya tetangga di komplek rumah gitu Sur, jadi mudah2an aja terjaga kebersihannya…

    Reply
  8. mamipapa

    gile jgn2 dia cincang cicak biar dikira ayam cincang hoekkk ampe merinding sendiri bayanginnya, dulu hobby bgt jajan pinggir skrg udah big big no bgt deh hahahaah

    Reply
  9. Jurie

    Aduh, serem banget yah pengalaman beli makanan pinggirannya.. so far gw belum nemu yg kek gt, cuman krna skrg ud jaga makan, udah jarang banget beli makanan di pinggiran.. Btw, dd gw pernah lihat tukang gorengan masukin plastik di penggorengannya.. -.- pastesan pisangnya garing…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s