Wisata Jakarta – Kebon Binatang Ragunan

Posting kali ini masih ceritain tentang libur lebaran kemarin, liburan yang dihabiskan di ibukota tercinta Jakarta. Telat banget ya, soalnya connector hp kemarin ga bisa detect waktu colok ke pc, jadinya di-service dulu baru bisa copy foto2 pas liburan ini >.<

Libur lebaran kali ini, selain ke hutan kota, pas hari ke2 lebaran, aku sama keluarganya choo ke kebon binatang Ragunan. Uda hampir 4 tahun di Jakarta, baru kali ini ke Ragunan. Waktu nonton berita di hari pertama lebaran, Ragunan ternyata rame dikunjungin. Tapi akhirnya kita tetap kesana pas hari kedua, the show must go on dong hahaha.

Perjalanan hari itu kita mulai dari jam 11, jalanan lancar banget karena masih lebaran. Tapi pas uda mau deket Ragunan agak macet juga, ternyata banyak orang yang berbondong-bondong kesana. Dan pas mau masuk ke parkiran motor, antriannya menggila, pintu masuknya 3, tapi antriannya sampai 6 X_X

Setelah agak lama ngantri, masuk juga kita ke dalam, muter-muter lagi nyari tempat parkir. Oh iya biaya parkir motor nya 3.500, dan tiket masuk per orang nya 4.500. Mungkin karena tiket masuk yang murah ya, jadi banyak banget orang yang kesini pas liburan.

Pas mau jalan ke area yang ada binatangnya, sepanjang jalan rame banget, pokoknya di setiap sudut ada manusianya, kebanyakan yang kesana uda kayak camping, bawa terpal buat duduk dan makanan. Wah salah nih milih datangnya pas lebaran. Tapi karena uda jauh2 datang ya uda nikmatin aja berada di antara lautan manusia ini šŸ˜€

kura-kura

kura-kura

Sebenarnya dengan tiket masuk yang murah, kita ga terlalu expect binatangnya bagus sih, ga mungkin juga kan kayak Taman Safari, yang penting ada lah gitu. Tapi ternyata di beberapa tempat atau kandangnya itu yang ga ada binatangnya. Jadinya kita ngiterin nyari yang ada binatangnya. Kebon binatang Ragunan ini luas banget loh ternyata kalo kita muterin, dan kita jalan dari ujung ke ujung. Pas pulang baru liat ternyata boleh ngiterin naek motor, ya tau gitu kan naek motor aja =_=

*lupa namanya burung apa*

*lupa namanya burung apa*

kelelawar

kelelawar

Di sini ada area-areanya sendiri, ada yang spesies burung, orang utan, harimau, dll. Yang paling banyak jenisnya itu burungnya. Ga banyak foto binatang-binatangnya karena rame banget dan jaraknya yang agak jauh, jadi pas foto ternyata ga keliatan binatangnya. Binatang disini banyakan badannya agak kecil, mungkin karena liat yang di Taman Safari gede, ini jadi berasa kecil, ya iyalah harga tiketnya juga beda *digetokin ma pembaca*

orang utan

orang utan

harimau

harimau

Di ragunan ini juga agak kurang terawat. Sampah bertebaran dimana-mana, mungkin karena banyak penjual makanan disini. Harapannya sama seperti hutan kota, pemerintah bisa lebih memelihara tempat wisata alami yang ada ini. Kalo emang bagus juga, masyarakat pasti mau koq bayar lebih mahal (sedikit), asal jangan semahal Taman Safari aja šŸ˜›

Advertisements

24 thoughts on “Wisata Jakarta – Kebon Binatang Ragunan

  1. leonyhalim

    Waduh… ke ragunan atau ke ancol saat liburan lebaran itu = a big no no Sur hehehe. Itu adalah hari2 paling ramainya.

    Ragunan ini sebenernya luas loh. Sayang ya gak dirawat dengan sungguh2. Dirawatpun, seandainya mental manusianya masih jorok dan suka merusak, susah deh. Makanya nomer 1 emang hrs revolusi mental.

    Reply
    1. suriyatifang Post author

      Iya ci, sebenarnya pas nonton di berita tau sih rame, tapi karena ga ada tujuan, jadi nekat aja kesana hehehe
      Setuju ci, disana luas banget, sayangnya ga dirawat.
      Semoga nanti presiden baru bisa mewujudkan revolusi mental ya ci

      Reply
  2. chyntia

    sur, gw seumur2 belom pernah ke Ragunan. Tapi kalo baca berita, tiap x lebaran, Ragunan, TMII, Ancol, pasti diserbu deh sama masyarakat. hehehe. Jadi nikmatin tempat wisata nya jg ga nyaman ya kalo terlalu rame. šŸ™‚

    Reply
  3. Angel

    Ni ragunan dari dlu sampai sekarang tetep ga keurus ya. g terkahir kesana pas sma buat pelajaran biologi gitu. Sayang ya ngga keurus, kasian binatang2nya juga šŸ˜¦

    Reply
  4. mirabudi

    Wahhh sur…gw seumur hidup blm pernah ke kebon binatang apalg ragunan hahahhahaa tp loe nekat yaa pas lebaran ke daerah padat pengunjung….apa ndk sesek yaa sur?

    Reply
    1. suriyatifang Post author

      Ga sesak koq Mir, soalnya yang disana kebanyakan piknik, binatang nya ga diliatin haha
      Paling jalanan yang agak rame aja, tapi pas liat binatangnya ga hehehe

      Reply
  5. Evita Wijaya

    gua pernah lebaran ke sini sur. 2 tahun yang lalu dan kapok. hahaha.. soalnya dibeberapa spot yah rame. dan makin banyak sampah yang seenak2nya dibuang. maklum wisata murah, jadinya pada seenak2nya. padahal tempatnya gede yah\. kalo ngiterin jalan kaki juga gak sanggup. cuma sayang walau kandangnya gede2 terkadang gak ada binatangnya. šŸ˜¦

    Reply
    1. suriyatifang Post author

      Haha kapok kesana pas lebaran ya Pi šŸ˜›
      Iya Pi, karena murah jadi seenaknya buang sampah
      Kemarin ngiterin tuh jalan kaki, habis tu pegel hahaa
      Cuma ya sayangnya ada kosong kadangnya šŸ˜¦

      Reply
  6. gegekrisopras

    Apa tiket masuknya dibikin Rp80.000,-/orang dulu baru bersih tuh kebun binatang? šŸ˜› Soale Bali Zoo gitu Ci, harganya dibikin naik dikit krn biaya perawatan kan ga murah, trus yg kesana itu bener2 mau ngeliat binatang+alam ga sekedar piknik doang (org2 dgn tujuan spesifik).. Itu aja masih harga lokal, kalo harga bule Rp100.000,- -an/org haha tapi worth it banget..

    Semoga next time Kebun Binatang Ragunan getting better, amin.

    Reply
    1. suriyatifang Post author

      Bener, setuju banget deh Grace kalo dinaikin harga tapi lebih terawat.
      Jadi orang bener2 liat binatang, ga cuma piknik aja disana šŸ˜›
      Amin semoga lebih baik šŸ˜€

      Reply
  7. Maya

    Seumur umur belum pernah ke Ragunan mbak. Murah banget kan tiket masuknya, pantes rame buanget ya. tapi jadi bertanya tanya gimana pemeliharaannya tercover ya šŸ˜¦
    mendingan sih di mahalin dikit sekitar 25rb sampe 50rb deh. 4500 hari gini kebeli apa coba, pisang di pasar aja gak kebeli. Yakalo lagi rame ya, kalo lagi sepi kesian bianatangnya mungkin dikasih makan seadanya aja šŸ˜¦

    Reply
    1. suriyatifang Post author

      Iya mba, kemarin juga heran tiketnya harganya cuma segitu, mau dikasih makanan apa binatangnya šŸ˜¦
      Makanya banyak kandang yang ga ada binatang kemarin
      Iya mending dimahalin dikit deh, jadi puas gitu liat binatangnya

      Reply
  8. zilko

    Hahaha, sewaktu di Jakarta aku nggak pernah ke Ragunan. Lha ini sudah lama banget juga nggak ke kebun binatang sih, hahaha šŸ˜€ .

    Btw, tiketnya murah banget ya. Tapi kalau murah terus jadi kurang perawatan gitu kan gimana juga ya.

    Reply
  9. Bibi Titi Teliti

    Ke Ragunan aku belum pernah Suuur…
    Tapi kalo ke kebun binatang Bandung kayaknya hampir setiap tahun kita kesono lho Sur…
    Sekalian ngajak main anak anak aja sih…murah meriah soalnya…hihihi…

    Dan emang binatang kurang terawat gitu sih….kesian šŸ˜¦

    Tapi biasanya kita suka nyewa tiker, trus tidur2an aja sambil makan cemilan disono…adem tempatnya…lihat binatangnya mah udah bosen soalnya…

    Reply
    1. suriyatifang Post author

      Di Ragunan kemarin juga banyak yang bawa tiker, trus sambil bawa makanan.
      Mungkin karena uda bosen jg ya liat binatangnya hehehe
      Iya sayangnya kurang terawat šŸ˜¦

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s