Give Blood, Give Life

Hari jumat minggu kemarin, di kantorku lagi diadain acara donor darah. Fiuh, akhirnya donor darah lagi setelah setahun lebih. Jadi donor darah itu kegiatan rutin di kantor, tapi entah kenapa sejak tahun kemarin belum diadain lagi. Katanya sih PMI nya bilang full mulu, jadi mobilnya (plus orangnya) ga bisa diundang buat datang.

Dulu pernah baca dimana gitu *lupa*, habis donor sekali bisa jadi ketagihan. Beneran loh setahun ini sering sakit karena ga donor *dikait2kan* hahaha. Dan bagi yang mau gemuk juga disarankan rutin donor, karena setelah donor kan darahnya ganti baru. Jadi ini adalah yang ke-6 kalinya aku donor, wah ga berasa ya hahaha

Nah biasa sebelum mulai, disuruh isi formulir dulu, isi identitas diri sama ada riwayat penyakit. Kan serem juga kalo pernah sakit apa trus donor jadi nular ke penerima darahnya >.<. oh iya buat yang cewe kalo lagi mens ga boleh donor. Dulu pernah kejadian temenku donor pas lagi dapet, eh habis tuh dia mau pingsan, untungnya petugas PMI nya belum pergi >.<

isi formulir dulu

isi formulir dulu

Habis isi formulir, nanti akan diinput datanya. kalo baru pertama kali, akan dikasi kartu donornya sesuai dengan golongan darah. Karena saya O jadi dapatnya warna pink :P. buat yang uda daftar nanti namanya akan dipanggil buat ditest darahnya dulu, hemoglobin dll (kurang tau apa aja yang ditest). Dan yang terakhir, akan diukur tensi, rendah/pas/tinggi. Kalo uda lulus 2 test ini, baru diijinkan buat donor. Ups jangan lupa, ga boleh minum obat/antibiotic dan harus tidur cukup min 7 jam.

meja buat input data, test darah, dan  cek tensi

meja buat input data, test darah, dan cek tensi

Kemarin rame yang donor, jadi nunggunya agak lama sampai dipanggil buat donor. Kemarin dapatnya tangan kanan, padahal pengennya tangan kiri biar tangan kanan biasa dipake buat bawa yang berat2 :P. Tapi gpp lah, karena dulu pernah kejadian mau tangan kiri, pas jarum uda ditusuk, ternyata darahnya ga lancar dan akhirnya ga ngalir. Trus pindah ke tangan kanan, akhirnya 2 tangan ada bolong nya T.T. kata petugas sih emang kanan lebih gampang karena tangan kanan lebih banyak dipake buat beraktivitas. Kecuali buat yang tangan kidal ya hihihi.

baru tau ternyata darahnya ditimbang, biasa ga berani liat punya sendiri >.<

baru tau ternyata darahnya ditimbang, biasa ga berani liat punya sendiri >.<

Proses donor memakan waktu kira-kira 15 menit ya, untuk cewe biasanya diambil 250 ml, dan cowo diambil 350ml. Tapi ini tergantung berat badan juga, kalo cewe tapi berat badannya seperti cowo mungkin diambil 350ml juga :P. habis donor kita dapat bingkisan nih, biasanya susu sama pop mie, tapi kali ini ada tambahan biscuit, dan pastinya ada obat penambah darah. Tapi ga pernah diminum, jadi uda ada berapa strip tuh di kos hahaha.

bingkisan 1

bingkisan 1

obat penambah darah

obat penambah darah

Oh iya kalo uda donor 10x nanti dapat penghargaan loh, kebetulan kemarin ada 3 teman yang dapat. Semangat 4x kali lagi dapat penghargaan loh, 3 bulan lagi bisa donor lagi *yeaay*. So, mari kita mulai mendonorkan darah, karena satu tetes darahmu sangat berarti loh bagi yang membutuhkan. Tentunya harus memenuhi semua syarat dulu ya baru donor 😀

piagam penghargaan

piagam penghargaan

Advertisements

39 thoughts on “Give Blood, Give Life

  1. Clarissa Mey

    Sur kamu keren banget!! donor sampai 6 kali.. donor darah sakit ga sih?
    pas dicek dll itu disuntik kan?
    pas disuntik jarum utk sedot darahnya sakit ga?
    pas lagi disedot darahnya 15 menit itu gmn rasanya?
    aku belom pernah donor krna belom bisa sih, berat badan ga cukup dan tensiku jg rendah.. pengen bngt sbnrny coba donor tp tkt sakit dan aku paling anti jarum suntik huhu.. ccku pernah donor darah sekali dan pingsan (padahal dia udah lulus tes awalnya dan ga lg haid)

    Reply
    1. suriyatifang Post author

      Pas cek darah lebih sakit sih, dia pake jarum kecl gitu, tp cuma bentar doang sih sakitnya hehehe
      Nah pas darahnya disedot ga sakit Mey, paling berasa itu pas jarum ditusuk sama dicabut aja, itu juga cuma bentar.
      Iya kalo ga cukup berat badan sama tensi rendah mending jangan sih Mey, takutnya kenapa2 >.<

      Reply
  2. chyntia

    ga pernah berani buat donor darah sur. >.<
    gw pengecut luar biasa, takut sama jarum suntik. kalo mesti ambil darah, udah takut duluan liat jarum suntik nya. wkwkwk
    mantep sur, u bahkan udah pernah donor sampe 6x & masih mau donor lagi. salut !!!

    Reply
    1. suriyatifang Post author

      Hahaha sama Chyn, pas pertama kali donor juga takut.
      Sampe nunggu giliran uda mau terakhir baru donor.
      Sekarang juga tiap kali donor masih deg2an, tapi untungnya uda ga setakut dulu hihihi
      Ayo Chyn cobain donor kalo uda memenuhi syarat donor hehehe

      Reply
  3. Maya

    Aku pernah donor sekali, selebihnya keseringan di tolak biasanya gara gara HB nya terlalu rendah…alarm juga sih, kayaknya aku masih belum sehat hidupnya deh *sedih*

    Reply
    1. suriyatifang Post author

      Oh HB nya rendah ya mba? kalo uda rendah ga bisa sih.
      Tapi katanya bisa naik deh kalo makan makanan apa gitu mba hehehe
      Aku juga belum sehat hidupnya, tapi untungnya masih bisa donor 😀

      Reply
  4. Felicia

    Hebat Sur rajin donor darah 🙂
    Kalo pengen kurus bisa donor juga ga? hehehe….
    Misua dulu udah pengen donor tapi karena pernah sakit kuning jadi ga boleh deh, padahal udah semangat mo jadi donor rutin.

    Reply
    1. suriyatifang Post author

      Iya ci sakit kuning ga boleh tuh, di formulir ada soalnya pertanyaan itu 🙂
      Katanya sih sering donor bikin gemuk ci, tp ga tau juga sih bener ga.
      Aku sering donor juga ga kurus2 haha 😀

      Reply
  5. gegekrisopras

    Ih aku seneng banget donor darah tp disini jarang ada tempat yang bisa buat donor hiks2. Terakhir donor tuh bulan Feb 2014 kmrn pas lg ada event, pengen donor tp kesempatannya gada.
    Ayo Ci 4x lagi.. Semangat! 😉

    Reply
    1. suriyatifang Post author

      Iya sama2 semangat ya Grace hehehe. Km uda donor berapa kali?
      Di Bali jarang ada yang ngadain ya Grace?
      Biasanya di PMI nya bisa juga deh kalo ga salah 😀

      Reply
      1. gegekrisopras

        belum nyampe 5x tp seneng banget Ci, psikologis ikutan sehat rupanya hehe. Di Bali kurang aktif nih orang2 kesehatannya, kalo mo jalan sendiri ke PMI ya males juga wkwk 😛

      2. suriyatifang Post author

        Asyik, nambah lagi yang rajin donor 😀
        Iya juga sih, aku kalo ga diadain di kantor juga males mau ke PMI cuma buat donor 😛
        Di gereja gitu juga jarang ada ya Ge?
        Kalo gerejaku lumayan sering ada juga tuh hehehe

      3. gegekrisopras

        Kalo di gereja biasanya charity clinic buat umum Ci, jarang yg lgsg donor darah gitu.. Biasanya sih krn males ribet melibatkan orang lain hehe, kalo charity clinic sesama kami jg bisa.. Standar aja sih

  6. Angel

    Gua malah ga mungkin donor deh kayanya, under weight gini hahaha. Pengen sih coba tapi kayanya imposible, naikin berat badan aja susah bener :p

    Reply
  7. Pypy

    Ga pernah donor krn takut disuntik.. Ahh.. Bener2 deh, tah sejak kapan jd penakut gini. Padahal wktu kecil malah berani.. Salut bgt ma dirimu, Sur 😀

    Reply
  8. mamipapa

    Keren banget Sur donor darah…bisa berbagi ke yang membutuhkan, kalau gw udah pasti gak lolos selain berat badan kurang, HB pun dibawah normal hahaha…apalagi takut disuntik 😀

    Reply
    1. suriyatifang Post author

      Waduh kalo berat badan dan HB ga memenuhi syarat sih memang lebih jangan ci, ga boleh juga sama petugasnya 😀
      Aku jg takut disuntik, jadi kalo donor ga berani liat pas jarumnya ditusuk 😀

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s