Tegur atau Biarkan?

Beberapa hari yang lalu, pas uda mau tidur jam setengah 11, tiba-tiba ada suara sekelompok orang (cewe+cowo) nyanyi lagu ultah. Sebenarnya mereka nyanyinya di luar, tapi karena kamarku di deket jendela jadi kedengeran jelas banget. Waktu itu mikir, ah paling bentar doang mereka disana. Eh ternyata habis itu masih ada kelanjutannya, ngbrol-ngbrol dan ketawa-ketawa. Hello, ga tau yah ini uda malam >.<

Akhirnya saya ga bisa tidur dan terus berharap mereka cepat pergi supaya bisa tidur dengan tenang. Dan setelah agak lama (mungkin lebih dari setengah jam), dan saya akhirnya menegur mereka. Padahal saya bukan tipe orang yang suka menegur, saya lebih suka membiarkan mereka sadar sendiri, tapi ini kasus khusus hahaha. Dan saya buka jendela dari lantai 2, liatin melototin mereka sampai akhirnya salah 1 orang sadar, dan makin banyak yang balik melihat saya.

Saya pun tepok tangan biar semua liatin saya dan saya bilang ke mereka, β€œJangan berisik donk, kan uda malam, orang lain mau tidur loh. Saya langsung nutup jendela dan masuk kamar. Setelah itu mereka masih ngbrol tapi volumenya sudah diperkecil. Selang beberapa menit, mereka pergi naik motor (suara motornya juga kedengeran). Dan malam itu saya jadi ga bisa tidur karena sudah melewati jam tidur malam T.T

Kejadian kedua kali di kos saya. Ceritanya ada anak kos saya, sebut saja si A. Si A ini emang agak males. Jadi suka habis masak tapi ga dicuci wajan dan piring-piring. Saya kadang juga gitu kalo ga sempet, tapi paling ga dibilas dulu donk sampai bersih jadi ga bau alesan orang males. Tapi si A ini habis masak mie, jadi masih ada sisa air dan mie di wajannya, dan dia ga bilas trus ditinggal selama SEMINGGU sodara-sodara O.o

Karena setiap kali saya ke dapur cium bau itu ga tahan, akhirnya saya tegur dia. Dan habis ditegur, dia cuci juga tuh wajan yang bau. Padahal awalnya, saya biarkan dia sadar sendiri dan uda dikasih tulisan juga di atas tempat cuci tapi tetap ga sadar juga yaowo.

Kalo kamu pernah ga ngalamin hal seperti ini? Kamu akan biarkan atau negur?

tumblr_nep3v3lbsc1tqk615o1_1280

gambar pinjem dari sini

Advertisements

24 thoughts on “Tegur atau Biarkan?

  1. Epiness

    Kejadian kayak gini memang udah gak aneh sih kalo di kost2an πŸ˜€ soalnya jaman gue ngekos udah sering banget kejadian berisik tengah malem krn ada yg ultah dan piring kotor ga dicuci2 sama pelaku. Memang paling bener yah ditegor soalnya kan tinggal disitu bareng2 dalam jangka waktu yg ga sebentar. Kalo didiemin aja mah bisa lama2 emosi jiwa n ga nyaman lg tempat tinggal nya πŸ˜€

    Eh tapi gue jg perna kok sur jd pihak yg berisik kl soal ultah hahaha. Bukannya disengaja tp memang kadang terbawa suasana jadinya lupa kalo orang lain ada yg keganggu hihihi

    Reply
    1. suriyatifang Post author

      Ternyata semua kos kayak begitu ya Pi πŸ˜€
      Iya dulu waktu kuliah juga sering berisik sih tengah malam kalo ada yg ultah. Tapi kalo uda kerja ga lagi deh haha.
      Makanya kosan tuh mesti bedain ya antara anak kuliah dan yang uda kerja πŸ˜€

      Reply
  2. gegekrisopras

    Sori OOT dikit Ci, yang kisah pertama itu diberisikin tetangga?
    Ya aku sih mendingan tegur~ besok kerja oiy bisa2 ngantuk di kantor trus ditegur sama bos lebih parah hahaha.
    Yang kisah kedua jg gitu, mendingan tegur drpd bau parah

    Reply
  3. Maya

    Dulu sering banget ngalamin 2 kejadian itu pas jaman masih ngekos. Emang bikin keki BANGET! Tapi kalo ga terlalu banget sih biasanya ta diemin, males cari ribut. Kalo udh keterlaluan tuh baru deh keluar tanduk terus langsung tegur πŸ˜€

    Reply
  4. zilko

    Ditegur dong. Gila itu air sisa mie masa dibiarin seminggu sih? Hahaha πŸ˜† . Aku kalau masak selalu peralatan masak aku cuci, haha. Ga tahan melihatnya kalau kotor soalnya πŸ˜› .

    Reply
  5. nyonyasepatu

    Aku gak pernah negur haha, abis orangnya gak enakkan tapi dulu pas kos ada mba di kos yg suka bawel kalo ada yg gak bener. Jadi kita yg pengecut ngadu aja sama dia hahaha. Tukang ngadu

    Reply
  6. Nadia Stephanie

    Kalo ada org berisik udah tengah malam di depan rumah saya pasti tegor. Jarang2 sih tp pernah ada tetangga pulang jam 4, temennya mabuk parah sambil muntah2 depan rumah saya. Ya saya ngamuk laaah.. berisik aja uda ga sopan, eeh ini pake acara muntah segala.

    Reply
  7. nilola24 (Tia)

    Aku pernah ngalamin pas malem imlek. Tetangga pas disebrang rumah maen petasan jedar jeder, pake alat keren banget lagi, ga brenti2. Mana waktu itu chris masih kecil. Akhirnya kita keluar teras, kita minta brenti karena suaranya bikin kaget anak kecil. Eh tetep loh, lanjut terus. Berhubung ga mau cari ribut secara itu sebrang2an, akhirnya kita diem. Sampe akhirnya ada tetangga belakang rmh yg keganggu juga, marah2 sampe teriak2. Baru deh bubar. Xixiixix…

    Kadang2 orang begini nyebelin ya. Ga mikirin orang lain.

    Reply
  8. pingiwed

    Sur, gue akan tegur juga soalnya uda ganggu bgt apalg uda tengah malam gitu. bukan ga blh ngasi surprise, boleh tp ya kira2 secara kos termasuk tempat umum juga kan, hehehehe..
    en bakal negur juga kl ga cuci piring apalg sampe bau gt, hadeh ga bgt deh

    Reply
  9. adelinatampubolon

    Kalau aku sich pasti tegor dengan muka judes, orangnya paling nga bisa dech nahan apalagi berhadapan ama orang malas. perkara nyuci kan bukan pekerjaan susah kenapa harus nunggu seminggu sich hehehe..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s