Category Archives: health

Give Blood, Give Life

Hari jumat minggu kemarin, di kantorku lagi diadain acara donor darah. Fiuh, akhirnya donor darah lagi setelah setahun lebih. Jadi donor darah itu kegiatan rutin di kantor, tapi entah kenapa sejak tahun kemarin belum diadain lagi. Katanya sih PMI nya bilang full mulu, jadi mobilnya (plus orangnya) ga bisa diundang buat datang.

Dulu pernah baca dimana gitu *lupa*, habis donor sekali bisa jadi ketagihan. Beneran loh setahun ini sering sakit karena ga donor *dikait2kan* hahaha. Dan bagi yang mau gemuk juga disarankan rutin donor, karena setelah donor kan darahnya ganti baru. Jadi ini adalah yang ke-6 kalinya aku donor, wah ga berasa ya hahaha

Nah biasa sebelum mulai, disuruh isi formulir dulu, isi identitas diri sama ada riwayat penyakit. Kan serem juga kalo pernah sakit apa trus donor jadi nular ke penerima darahnya >.<. oh iya buat yang cewe kalo lagi mens ga boleh donor. Dulu pernah kejadian temenku donor pas lagi dapet, eh habis tuh dia mau pingsan, untungnya petugas PMI nya belum pergi >.<

isi formulir dulu

isi formulir dulu

Habis isi formulir, nanti akan diinput datanya. kalo baru pertama kali, akan dikasi kartu donornya sesuai dengan golongan darah. Karena saya O jadi dapatnya warna pink :P. buat yang uda daftar nanti namanya akan dipanggil buat ditest darahnya dulu, hemoglobin dll (kurang tau apa aja yang ditest). Dan yang terakhir, akan diukur tensi, rendah/pas/tinggi. Kalo uda lulus 2 test ini, baru diijinkan buat donor. Ups jangan lupa, ga boleh minum obat/antibiotic dan harus tidur cukup min 7 jam.

meja buat input data, test darah, dan  cek tensi

meja buat input data, test darah, dan cek tensi

Kemarin rame yang donor, jadi nunggunya agak lama sampai dipanggil buat donor. Kemarin dapatnya tangan kanan, padahal pengennya tangan kiri biar tangan kanan biasa dipake buat bawa yang berat2 :P. Tapi gpp lah, karena dulu pernah kejadian mau tangan kiri, pas jarum uda ditusuk, ternyata darahnya ga lancar dan akhirnya ga ngalir. Trus pindah ke tangan kanan, akhirnya 2 tangan ada bolong nya T.T. kata petugas sih emang kanan lebih gampang karena tangan kanan lebih banyak dipake buat beraktivitas. Kecuali buat yang tangan kidal ya hihihi.

baru tau ternyata darahnya ditimbang, biasa ga berani liat punya sendiri >.<

baru tau ternyata darahnya ditimbang, biasa ga berani liat punya sendiri >.<

Proses donor memakan waktu kira-kira 15 menit ya, untuk cewe biasanya diambil 250 ml, dan cowo diambil 350ml. Tapi ini tergantung berat badan juga, kalo cewe tapi berat badannya seperti cowo mungkin diambil 350ml juga :P. habis donor kita dapat bingkisan nih, biasanya susu sama pop mie, tapi kali ini ada tambahan biscuit, dan pastinya ada obat penambah darah. Tapi ga pernah diminum, jadi uda ada berapa strip tuh di kos hahaha.

bingkisan 1

bingkisan 1

obat penambah darah

obat penambah darah

Oh iya kalo uda donor 10x nanti dapat penghargaan loh, kebetulan kemarin ada 3 teman yang dapat. Semangat 4x kali lagi dapat penghargaan loh, 3 bulan lagi bisa donor lagi *yeaay*. So, mari kita mulai mendonorkan darah, karena satu tetes darahmu sangat berarti loh bagi yang membutuhkan. Tentunya harus memenuhi semua syarat dulu ya baru donor 😀

piagam penghargaan

piagam penghargaan

Advertisements

Makananmu = Kesehatanmu

Kamis minggu lalu, karena masih ada sosis dan keju di kulkas, jadinya beli roti buat bikin roti gulung sosis keju yang pernah di share sama Ko Arman. Gulung rotinya lumayan susah, tapi akhirnya berhasil juga sih horeee. Ternyata enak loh hasilnya, apalagi kalo dicocol pake saos sambel *emang orang Indonesia*. Nah, sarapan pagi itu bikinnya buat aku, cc, sama choo.

Malamnya pulang kerja, terjadi percakapan dengan cc :

Cc : “Untung loh tadi pagi kamu bikini roti goreng, kalo ga aku pasti beli mie ayam.”

Aku : “Loh emang kenapa kalo beli mie ayam?”

Cc : “Soalnya temanku tadi pagi beli mie ayam, ternyata di dalam ada mayat cicak dan parahnya lagi itu uda kepotong-potong. Berarti bukan karena cicaknya jatuh ke dalam mie ayam kan.”

Habis denger cc cerita itu langsung shock, gila masa di dalam mie ayam ada potongan mayat cicak. Kami sampai berasumsi jangan-jangan penjualnya tau, trus sengaja dipotong dan dimasukin ke mie ayam. Tapi bisa jadi juga itu cicaknya jatuh ke dalam tumpukan daging ayam dan dia tidak sadar kemudian dipotong. Tapi yang jelas cc ga mau beli di sana lagi, walaupun selama ini yang beli di sana selalu rame.

Kejadian ini jadi membuatku inget tentang kejadian yang uda agak lama aku dan choo alamin. Di suatu pagi seperti biasa, kita mau beli sarapan. Karena yang deket kosan cuma ada nasi uduk, akhirnya jadinya beli nasi uduk 2 bungkus ditambah tempe goreng masing-masing 1 biji. Pas sampe kantor, dibuka kertas nasi dan mulai lah makan kita. Trus tiba2 choo nemuin buletan hitam harta karun yang kita berdua tidak tau itu apa.

Pertama kirain itu batu, tapi koq batu gede banget. Iseng-iseng diubek, eh bisa hancur ternyata. Pas dicium pake hidung ternyata baunya itu adalah bau kotoran tikus. Kalo kotoran tikus ada di beras, pasti hancur donk kalo dimasak. Berarti ini kotoran tikusnya masuk ke dalam nasi pas nasinya uda mateng. Langsung deh kita ga makan sisanya, maunya sih keluarin juga apa yang uda dimakan *hoeeek*. Kan ga mau kalo habis makan jadi sakit perut >.<

Sejak kejadian itu, ga pernah lagi deh beli nasi uduk di tempat itu. Dan tiap kali kalo beli makanan di pinggir jalan kayak nasi gitu pas makan sambil was-was, sambil liatin di dalam nasi ada yang aneh-aneh ga, ampun dah, makan jadi ga tenang. Sekarang sih sebisa mungkin hindarin buat beli makanan di pinggir jalan, apalagi kalo tempat jualan nya cuma gerobak, bisa aja ada kotoran tikus atau potongan cicak >.<

Sampai saat ini, masih menjadi misteri, apa penjualnya tau ada benda yang aneh-aneh di dalam makanan yang dia jual? Ga mungkin kan kita tanya ke orangnya 😛

So, perhatikan apa yang akan kamu beli dan apa yang akan kamu makan, supaya tidak membahayakan kesehatan 🙂

K(ole)sterol oh k(ole)sterol

Sebulan yang lalu, ada promo di d*sd*s untuk cek darah di CITO. Karena liat harganya murah, trus akhirnya iseng2 beli deh medical check up nya yaitu pemeriksaan tekanan darah, kolesterol, asam urat, dan gula darah.

2 minggu lalu, karena voucher nya tinggal seminggu uda mau expired, jadinya kita check lah kesana. Sampai sana jam 10 lewat, isi formulir dulu, sambil ditanyain “Terakhir makan jam berapa?”. Terus kita jawab, “kemarin jam 7 malam”. Terus mbak nya bilang, uda lewat dari 12 jam puasanya, jadi nanti hasil bisa lebih rendah dari biasanya. Karena takut sabtu depan ga bisa, akhirnya tetap dipake juga hari itu.

Ga lama, kita dipanggil masuk ke ruangan buat ambil darah. Nanti hasilnya bisa diambil jam 4 sore. Habis itu, kita disuruh masuk ke ruang dokter nya buat konsultasi. Masuk ke ruangan, cuma dicek tekanan darah aja, kita ga nanya2 lagi 😀

Selesai itu, kita langsung pergi makan dulu karena uda keburu laper, uda sengaja ga makan dari pagi, eh malah kelebihan puasanya haha

Nah, sorenya sekitar jam 5 gitu, kita kesana lagi ambil hasilnya yang ada 2 halaman. Pas halaman pertama uda seneng tuh, semua nya masih dalam batas normal. Eh begitu balik halaman kedua, kolesterolnya ternyata lebih dari batas normal. Lebih nya cuma dikit sih, tapi yg namanya lebih kan pasti ga baik :(. Kalo choo, malah kolesterol ma asam uratnya tinggi, mungkin karena makan kambing kali 😦

Agak shock sih baca itu, perasaan makan uda dijaga tapi koq kolesterol nya tinggi. Habis itu, bertekad deh ga banyak makan yang digoreng, yang bersantan dan mau mulai makan oatmeal karena kata cici bisa nurunin kolesterol. Oatmeal Epi yang ini menarik nih, mungkin nanti bisa dicoba bikin 😛

Ada yang pernah mengalami kolesterol tinggi juga? Share donk tips nya 🙂