Category Archives: lingkungan

Yuk Jaga Bumi Kita

Beberapa hari ini Jakarta terasa panas banget ya, bahkan di ruangan ac aja masih panas. Bener sih panas karena emang bulan Juni ini musim kemarau. Walaupun sesekali ada ujan, ternyata ga gitu ngaruh -__-

Semua itu terjadi bukan ga ada sebabnya loh, salah satunya karena pemanasan global. Apa sih pemanasan global dan kenapa sih bisa terjadi? Pemanasan global terjadi ketika suhu udara bumi menjadi meningkat. Dan pemanasan global ini disebabkan oleh efek rumah kaca. Efek rumah kaca ini sebenarnya sangat dibutuhkan untuk menghangatkan bumi. Tetapi ketika panas yang berlebihan ini akan menyebabkan bumi menjadi semakin panas.

Huft paragraph pengantar nya panjang banget ya, tapi intinya itulah pemanasan global *harap koreksi kalo salah*

Nah, trus apa yang bisa kita lakukan donk untuk bumi kita tercinta ini? Banyak loh yang bisa kita lakukan misalnya

  • Listrik

Kalo lampu ga dipake siang hari dimatikan, kalo charger uda ga dipake dicabut. Paling sebel ni kalo liat kamar mandi habis dipake, lampu tetap menyala >.<

  • Air

Waktu mau cuci tangan, atau mau cuci piring dan apapun, basahi dulu dengan air, tutup keran, basahi dengan sabun, baru buka keran lagi untuk bilas. Di kantor sering banget liat orang cuci tangan atau cuci piring tapi keran ga ditutup, jadi air mengalir dengan sia-sia T.T

  • Kertas, Plastik, Styrofoam

Kurangi pemakaian kertas dan Styrofoam, kalo mau bungkus makanan, bawa aja wadah untuk makanan. Kurangi juga pemakaian tissue untuk menjaga kelangsungan hidup pohon. Kalo mau lap keringet, pake sapu tangan aja. Kalo mau belanja di supermarket, bawa tas sendiri 😀

  • Sampah

Buang sampah di tempatnya dan kalo tersedia tempat sampah yang bisa terpisah, buanglah terpisah. Lebih baik lagi kalo tidak membuat terlalu banyak sampah.

  • Jangan tebang pohon tapi tanamlah pohon sebanyak2nya.

Jagalah bumi kita tercinta. Kalo bukan kita siapa lagi yang akan menjaganya? 🙂